Kecap Ikan, Cara Mengolah, dan Manfaatnya yang Luar Biasa

adsense 336x280


KECAP IKAN adalah sejenis bumbu masakan yang teksturnya cair dan kental serta berwarna kehitam-hitaman. Kecap adalah sebutan untuk cairan bumbu yang telah difermentasi, kecap ikan sendiri merupakan fermentasi dari garam dan ikan laut. Aroma khas yang tercium dari kecap ikan adalah amis atau bau khas ikan. Sedangkan rasanya sendiri sangat unik karena campuran asin dan sedikit asam.

Fungsi

Kecap ikan memiliki banyak kandungan gizi karena merupakan bahan makanan yang difermentasi. Proses fermentasi yang dialami oleh kecap ikan membuatnya memiliki kandungan nitrogen organik, amino, sodium klorida, metil keton yang tinggi, histamin serta asam amino. Beberapa kandungan gizi di dalam kecap ikan mirip seperti yang ada dalam keju, karena keduanya sama-sama produk fermentasi alami.
Sebagai bahan masakan, kecap ikan sangat membantu para koki dalam menghidangkan berbagai masakan yang memerlukan celupan seperti aneka sea food atau makanan Jepang. Kecap ikan juga sudah banyak diaplikasikan pada masakan-masakan khas nusantara seperti oseng, sambal petis, dan sebagainya.

Cara Mengolah

Kecap ikan yang banyak dijumpai di masyarakat biasanya sudah berbentuk kemasan sachet atau botol. Untuk menyimpan makanan yang sudah dikemas pabrik tentunya lebih mudah karena sudah ada tanggal kadaluarsa yang tertera sehingga kita bisa waspada untuk menggunakannya sampai batas waktu tertentu. Kecap ikan buatan pabrik biasanya juga sudah diberi pengawet makanan yang aman untuk dikonsumsi. Untuk menyimpan dan mengolahnya Anda bisa perhatikan tips berikut:
  • Lebih baik letakkan saja kecap ikan pada suhu ruang, karena suhu yang terlalu dingin atau panas dapat berpengaruh kepada teksturnya yang sangat kental;
  • Untuk menggunakan kecap ikan sebagai bahan celupan sea food atau aneka daging bakar, Anda cukup menuangkannya ke atas mangkok saji, jika ingin menambahkan rasa pedas cukup taburi saja dengan bubuk cabe;
  • Untuk menggunakan kecap ikan sebagai bumbu oseng, siapkan wajan dengan minyak panas, tumis bumbu oseng, masukkan sayur yang akan Anda oseng, terakhir tuang kecap ikan dan sedikit air, tunggu hingga meresap dan siap disajikan.

Lihat juga video : Ekspresi Gen Halilintar Makan Kecap Ikan


Jenis Bakteri Baik pada Kecap Ikan

Ikan laut dan produk laut lainnya dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan masakan dengan rasa yang tentunya dapat memanjakan lidah. Selain itu, ikan laut juga tinggi akan kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh Anda seperti asam lemak omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin A, dan lainnya.
Salah satu produk hasil olahan ikan laut yang cukup terkenal adalah kecap ikan. Kecap ikan adalah hasil dari proses fermentasi ikan laut dan garam yang hasil akhirnya dalam bentuk cair. Kecap ikan dapat digunakan sebagai bumbu masakan dan sangat terkenal di masyarakat Asia Tenggara.
Seperti yang dilangsir dari situs id.wikipedia.org, selama proses fermentasi ikan laut menjadi kecap ikan, ada beberapa jenis bakteri baik yang membantu proses tersebut. Diantaranya adalah bakteri asam laktat seperti Laucosotic mesenterides, Lactobacillus plantarum, dan Pediococccus cerevisiae.
Bakteri baik tersebut berkembang saat proses penggaraman berlangsung dan membuat kecap ikan terbentuk dengan sempurna. Bakteri dari jenis asam laktat telah dikenal sebagai bakteri yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan melancarkan pencernaan Anda setiap harinya.
Menurut laman aaklovers.blogspot.com, di dalam kecap ikan juga terdapat amino nitrogen yang merupakan nutrisi penting yang mudah dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, menggunakan kecap ikan di dalam olahan masakan akan memberikan manfaat bagi Anda yang mengonsumsinya.





source : wikipedia.com dan vemale.com
adsense 336x280

0 Response to "Kecap Ikan, Cara Mengolah, dan Manfaatnya yang Luar Biasa"

Posting Komentar